PSE Inovasi Baru Perlu Kolesterol

Slot

Kolesterol tinggi telah menjadi isu global. Kondisi ini terkait dengan penyait kardiovaskular, salah satunya serangan jantung yang telah menyebabkan kematian 17 juta orang per tahun, di dunia. Pola makan tinggi lemak antar lain menjadi pemicunya, dan kondisi ini berkembang menjadi kasus obesitas, anteroklerosis, dan sebagainya, plant stanol ester (PSE) adalah bahan alami yang member harapan baru bagi mereka yang bermasalah dengan kolesterol tinggi. Berbagai riset sudah membuktikan khasiat dan keamanan PSE

Dalam suatu bulletin yang diterbitkan Badan kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan bahwa faktanya masih banyak orang dengan kadar kolesterol tinggi di dunia ini tida mendapat penanganan yang tepat. Itu artiny menempatkan mereka pada risiko tinggi eterkena penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke. Akibat selanjutnya, kematian dini pun bisa sulit di hindari.

Ilustrasi ( Foto @kalbestore.com )

Kolesterol adalah zat yang diperlukan tubuh untuk membangun dinding sel dan sebagai bahan dasar hormone. Akan menjadi masalah jika kolesterol LDL atau trigliseida berlebihan di dalam darah karena menyebabkan timbulnya plak pada dinding arten yang akan membentuk anteroksis dan memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol tinggi ini harus diintervensi, misalnya dengan obat-obatan penurun kolesterol, seperti jenis satin.

Memangkas LDL
Di dinding nutrisi banyak juga zat untuk meluruhkan kolesterol yang sudah beredar di pasaran. Yang terbentuk inovasi terbaru dalam menurunkan kolesterol tinggi adalah PSE (plant stanol ester).

PSE merupakan komponen kimia yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein) dalam darah ketika dikonsumsi. PSE secara alami ditemukan dalam berbagai tumbuhan seperti buah-buahan, sayurn, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang polong, dan minyak sayur, etapi dalam jumlah sedikit.

Berbagai studi mengindikasikan bahwa konsumsi makanan yang dioerkaya dengan PSE, sekitar 2 gr per hari saja, dapat memangkas kadar LDL sekitar 10 persen.prof. Helena Gylling, MD, phD, peneliti senior dari University of Kuopio Finlandia yang melakukan serangkaian penelitian tentang khasiat PSE menemukan bahwa makanan yang mengandungstanol jika dikonsumsi teratur akan menurunkanLDL hingga 8-11 persen.
“Struktur yang menyerupai kolesterol akan membantu mengikat garam empedu di dalam saluran pencernaaan, sehingga penyerapan kolesterol dari makanan akan terhambat”, katanya

Kandungan dalam PSE juga dapat meningkatkan protein pengangkut di dinding usus, sehingga kolesterol yang diserap melalui dinding usus dapat disingkirkan bersama feses.

Diuraikan Gylling, mekanisme kerja PSE di dalam tubuh, yaitu PSE akan menggantikan posisi kolesterol dalam micelle, sehingga kolesterol yang tersisa akan terbuang keluat tubuh, tahap berikutnya, PSE yang terikat kolesterol di dalam micelle akan diserap oleh tubuh, PSE ini merugikan protein tertentu untuk menyapu olesterol yang sudah terserap, sehingga kadar kolesterol akan berkurang.

Micelle adalah kemasan yang memungkinakan lipid (lemak) bercampur dalam pencernaan makanan. Micelle dibentuk dari garam empedu dan berperan membantu mengangkut lipid agar bisa diserap usus

Penemuan terbaik
Untuk memudahkan pemanfaatan PSE, kini sudah banyak produk makanan serta minuman yang diperkaya PSE seperti margarine, smoothie, dan sebagainya. Menurut kuropean journal of Clinical Nutrition, edisi januari 2009, PSE masuk 10 daftar penemuan terbaik di bidang nutrisi dalam 30 tahun terakhir ini dan sudah dikonsumsi di lebih 30 negara.

Penelitian tentang manfaat PSE juga sudah dilakukan banyak ahli, di antaranya peneliti dari Department of Epidemiology and Health Promotion, National Public Health Institute, Helsinki, Finlandia: The UKK Institute for Health Promotion, Tampere, Finlandia: Department of Forest Resource Management, University of Helsinki, finlandia: International Epidemiology Institute, Rockville, Maryland, AS: dan Department of Medicine, Vanderbilt University Medicine Centre and Vanderbilt-Ingram Cancer Centre, Nashville TN, AS, seperti dikutip sitis Nutrition Journal.

Bagi mereka yang sudah mengasup obat penurun kolesterol, menurut Prof, Gylling, bisa mengonsumsi makanan yang mengandung stanol. Kombinasi PSE dan obat penurun kolesterol,menurutnya akan memberikan hasil lebih baik, tanpa mengakibatkan efek samping. Meski demikian, sebaiknya konsumsi tersebut tetap di bawah pengawasan dokter
Slot;
Copyright © 2013. Awal Pembaharuan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger