Pola Hidup Tak Sehat Penyebab Kolesterol Tinggi

Slot
Usai menjalani tes medis lengkap, hasil yang paling ditunggu bisasnya adalah angka kolesterol total. Dan biasanya juga, anga itu akan naik dari waktu ke waktu, kemudain si empunya angka hanya tertawa dal oleh dokter lalu di beri obat penurun kolesterol

Jadi, umumnya pemilik angka kolesterol tinggi sangat menggantungkan diri pada obat untuk menurunkan angka tersebut. Pahahal sebenarnya, jika mau mengubah gaya hidup, tak perlu lagi mengkonsumsi obat,
Selain itu, siapa punyang memiliki kolesterol tinggi juga menyadari bahaya berlebih substansi tersebut untuk tubuh, terutama jantung. Karena kolesterol tinggi dalam darah membuat tubuh rentan terhadap berbagai jenis penyakitjantung dan menjadi penyebab kematian di dunia.

Ilustrasi Kolesterol Tinggi ( Foto @health.kompas.com )

Kolesterol adalah substansi berbrntuk lilin yang ditemukan dalam lemak di tubuh. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membentuk dinding sel, beberapa jenis hormone, dan beberapa fungsi tubuh lainnya.
Namun, jia jumlah kolesterol dalam darah sudah berlebih, akibatnya akan buruk: menyebabkan kondisi medis yang disebut hiperkolesterolemia, yang memicu munculnya penyait kardiovaskular.

Kadar kolesterol total adalah jumlah dari kolesterol HDL, kolesterol LDL, dan trigliserida.kolesteroltidak larut dalam darah. Kolesterol dibawa melalui pembuluh daraholeh sejenis protein untuk membentuk High Density Lipoprotein (HDL) dan Low Density Lipoprotein (LDL)

Kolesterol HDL disebut sebagai kolesterol yang baik, sedangkan LDL adalah sebaliknya, penyebabnya adalah HDL mengurangi kesempatanuntuk kolesterol melekat di pembuluh darah, sedangkan LDL berfungsi sebaliknya. Oleh sebeb itu jika kadar LDL tinggi, akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Lalu, apa yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah? Menurut artiel tentang penyebabnya tingginya kolesterol, yang di muat di situs Buzzle

Kebisaan makan
Asam lemak jenuh dan trans adalah penyebab utama naiknya kadar kolesterol LDL. Produk hewani, seperti daging sapi, daging babi, susu murni, dan huning telur, adalah sumber lemak jenuh. Lemak trans terdapat dalam makanan olahan dan makanan yang digoreng.

Mengkonsumsi makan-makanan tersebut dapat menaikan kadar olesterol dalam darah, jauh melebihi kadar rekomendasi. Karena itu, menghindarinya adalah langkah terbaik. Sebaiknya, mengkonsumsi buah-buahan dan syauran yang kaya vitamin, mineral, dan serat dapat membantu menormalkan kolesterol.

Aktivitas fisik
Latihan teratur sangat bemanfaat untuk menjaga kadar kolesterol yang normal di dalam darah. Tidak hanya memperkuat otot dan meningkatkan stamina, namun juga mengurangi kadar kolesterol LDL dan meninglatkan HDL.

Kelebihan berat badan
Berat badan berlebih cenderung menaikkan kadar LDL dan trigliserida, jika tubuh menerima alori lebih banyak ketimbang yang digunakan, kelebihan kalori itu aan disimpan sebagai lemak (trigliserida). Obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes yang dapat menyebabkan penyakit jantung.
Mereka yang kelebihan berat badan (overweight) tidak memiliki kadar HDL yang cukup dalam darah. Mengurangi berat badan dapat meningkatkan kadar HDL dan mengurangi trigliserida

Factor keturunan
Genetika juga punya peran menentukan kadar kolesterol dalam darah,yaitu seberapa cepat LDL dibuat dan dieluarkan dari darah. Kadang, kolesterol tinggi menurun dalam keluarga. Kondisi itu disebut familial hypercholesterolemia.

Mereka memiliki kondisi itu sngat rentan mendertia kolesterol tinggi akibat gaya hidup tak sehat, misalnya kebiasaan makan yang burukdan jarang bergerak, dibandingkak dengan yang tidak memilikinya.

Usia
Selain dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk menjaga kadar kolesterol menurun, sehingga menyebabkan berkembangnya ketidak seimbangan kolesterol dalam darah. Karena itu, disarankan untuk mengubah gaya hidup. Jadi, walau usia bertambah, system tubuh tetap mampu menjaga keseimbangan kolesterol.

Gender
Pria cenderung lebih banyak menderita kolesterol tinggi. Fakta itu disebabkan hormone pada perempuan cenderung untu menaikan HDL. Meski demikian, etika perepmuan telah menopause, adar sumsi estrogen setelah menopause membantu perempuan untuk menjaga kadar kolesterol.

Stres
Hubungan antara tingginya stress dan kadar kolesterol telah diteliti. Salah satu alasannya adalah stress cenderung member pengaruh buruk terhadap gaya hidup. Banyak yang “melarikan diri” dengan menyantap makanan tak sehat jika sedang stress. Ditambah merokok dan minum alcohol.

Merokok
Meroko akan menrunkan kadar HDL dan meningkatkan risiko pembekuan darah.
Slot;
Copyright © 2013. Awal Pembaharuan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger