Mencegah KANGKER KOLON

Slot Kangker Kolon termasuk salah satu kangker yang paling banyak menelan korban jiwa. Kabar baiknya, lebh dari seratus studi menemukan, menerapkan beberapa kebiasaan baru dapat menurunkan risiko sampai 75%. Caranya dengan :

PERBANYAK MAKAN BAWANG BOMBAY KUNING
Bawang Bombay adalah salah satu sayuran yang kaya dengan zat kimia antikangker. Hasil analisis Comell Universiti terhadap 10 jenis bawang Bombay putih 11 kali lebih ampuh melawan sel-sel kangker kolon disbanding bawang Bombay kuning. warna kekuningan menandakan bawang ini kaya quercentin dan phytochemical anti kangker lainnya.

Bonus :
Studi yang sama menemukan, Senyawa pencegah kangker di dalam bawang Bombay kuning juga berkhasiat antiviral, antibakteri, antillergrnic, dan anti-inflammatory

Ilustrasi Kanker Kolon ( Foto @U-Report )

ENGGAN COLONOSCOPY ATAU PEMERIKSAAN LAIN ?
Berjuta-juta perempuan umur 50 menghindari colonoscopy karena tidak menyenangkan. Padahal studi-studi membuktikan, pemeriksaan ini sangat penting. Pemeriksaan sampel feses yang paling sederhana pun jauh lebih baik daripada tidak diperiksa sama sekali.

MAKAN IKAN KAYA OMEGA-3
Menurut sebuah studi terkini. hanya makan beberapa ons daging olahan sehari seperti hot dog, bacon, dan sosis, dapat meningkatkan isiko kangker kolon pada perempuan sampai 75%. Sebaliknya, para ahli jepang menyatakan, konsumsi tuna, sardine, mackerel atau salmon, menurunkan risio sampai 76% berkat kndungan asam lemak omega-3. Lemak sehat ini mencerah inflamasi yang merusak dan menghambat produsksi zat kimia penyebab kangker di dalam saluran cerna.

MAKAN KACANG-KACANGAN DAN BIJI-BIJIAN (TRAIL MIX)
Cemilan ini kaya magnesium, sejenis mineral yang terbuti membantu menyembuhkan jaringan usus yang terirritasi dan inflamasi sebelum dapat membentuk polyp prakangker. Sejumlah studi menunjukan, mendapatkan 259 mg magnesium setiap hari dari makanan, bukan dari suplemen, dapat menurunkan risiko kangker colorectal sampai 55%.

Pencegahan terbaik : 
Dapatkan semua magnesium yang diperlukan dengan makan 1 enggam penuh trail mix – sejenis snack campuran kacang-kacangan dan biji-bijian – setiap hari. Atau makan sumber top magnesium lainnya seperti tahu (225 mg per cup), bayam dan swiss chard  yang dimasak (150 mg per cup), kacang kedelai yang dimasak (148 mg per cup), kacang hitam atau kacang putih yang dimasak (120 mg per cup) artichoke yang dimasak (101 mg per cup), atau coklat semisweet (98 mg per setengah cup)

HINDARI TRANS FAT 
Makan lebih dari 9 gram lemak buatan manusia ini (paling sering ditemukan dalam makanan panggangan, margarine, dan makanan olahan lainnya) menghambat pemecahan karsinogen (pencetus kangker) tentu di dalam kolon, meningatkan risiko polyp, pertumbuhan di dalam usus yang kadang berubah menjadi kangker sampai 86%

Pencegahan terbaik :
Periksa label makanan untuk tras fat yang didaftar dengan nama partially hydrogenated oils, hydrogenated oil dan/ atau vegetable shortening.

OLAHRAGA 
Olahraga 30 menit setiap hari menuunkan risiko kangker kolon sampai 40%. Aktifitas fisi menstabilkan gula drah, kunci untuk  menghambat sel-sel kangker pengemar gula. Selain itu, olahraga menguatkan  kemampuan sistim imun menghancurkan sel-sel abnormal.

Pencegahan terbaik : 
Untuk mempermudah, bagi 30 menit menjadi 2 aktifitas masing-masing 15 menit. Atau latihan aerobic setiap hari.

Produk susu rendah lemak 
Menurut sebuah studi besar dalam Journal of American Medical Association, makan produk susu renadah lemak dapat mencegah, bahkan dapat membalikan sel-sel yang berubah menjadi kangker kolon. Pasien yang mendapatkan 5 saji produk susu rendah lemak setiap hari, atau sama dengan 2 gelas susu skim. 1 cup yougurt dan 2 ons keju, menurunkan pertumbuhan sel-sel abnormal kolon sampai 23%. Khsaiat ini berasal dari senyawa seperti conjugated linoleic acid  di dalam produk susu yang terbukti member nutrisi dan melindungi dinding usus.
Slot;
Copyright © 2013. Awal Pembaharuan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger